Sambutan Bupati Pengukuhan Anggota Muda PWI : Ade Yasin : Pejabat Pemkab Bogor Harus Bersih Dari Zona Kawasan Korupsi

 

Sambutan Bupati Pengukuhan Anggota Muda PWI : Ade Yasin : Pejabat Pemkab Bogor Harus Bersih Dari Zona Kawasan Korupsi


Sambutan Bupati  Pengukuhan Anggota Muda  PWI :
Ade Yasin :  Pejabat Pemkab  Bogor Harus Bersih Dari Zona Kawasan Korupsi


Cibinong, SI
Bupati Bogor dan menjabat Ketua DPW PPP Propinsi Jabar tersebut Ade Yasin, yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Kab Bogor dua periode tersebut, dengan tegas mengatakan, bahwa dirinya tidak ada kompromi terhadap pejabat-pejabat di Pemkab Bogor terkait masalah korupsi, kalau ada pejabat Pemkab Bogor  ketahuan melakukan korupsi akan saya tindak, tidak ada kompromi, jangan coba-coba melakukan korupsi, ujarnya saat acara pengukuhan anggota PWI Muda Kab Bogor, di ruang Serbaguna I, Tegar Beriman, Cibinong, beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut dalam sambutannya, Ade Yasin mengatakan  terkait dengan wartawan, menulis, memiliki, memperoleh, mengolah, menyampaikan informasi yang baik untuk masyarakat umum adalah tugas  mulia dari para wartawan. “Wartawan itu tugasnya menulis, mengolah berita agar menjadi informasi yang baik untuk masyarakat umum, jangan ketika ada sesuatu hal yang belum pasti kebenarannya, faktanya, sudah diolah lalu diberitakan ke public, seakan-akan berita yang dia buat itu benar adanya , saya harap ini menjadi masukan untuk para rekan-rekan wartawan dan juga berharap wartawan   meningkatkan sumber daya manusianya (SDM),” ujarnya
Ia pun menambhakan, jika ada sesuatu yang salah dalam memimpin, dirinya siap untuk di kritik dan menerima masukan dari semua pihak. “Saya menjadi bupati belum genap setahun, masih banyak hal-hal yang saya pelajari dan saya perbaiki dalam memimpin Kabupaten Bogor, saya juga sangat membutuhkan masukan dari rekan-rekan wartawan, tapi kritik dan sarannya harus membangun dan sesuai dengan fakta, jadi kita saling bersinergi untuk membangun Kabupaten Bogor yang lebih baik kedepannya,” tambahnya.
Bahkan Bupati Bogor tersebut dengan Curahan Hati (Curhat) lebih tegas menekankan kepada kalangan wartawan, bahwa  dalam era digital sekarang ini, apalagi dalam media sosial, orang paling gampang membuat komentar dengan membuat tuduhan miring  dan fitnah kepada pihak lain, yang kebenaran berita tersebut sangat diragukan kebenarannya, hal tersebut mengarah terhadap pembunuhan karakter seseorang. Maka untuk menanggal hal tersebut, hal itu juga menekankan kepada wartawan agar seorang wartawan bersikap professional dan menaati kode etik jurnalisti dan memahami UU Pokok Pers,. Sebab  tugas wartawan juga turut serta  untuk mencerdaskan dan mengedukasi masyarakat agar gerdas dalam menggunakan media social.



Bupati memberikan contoh, beberapa waktu lalu dirinya difitnah  oleh wartawan media lokal Bogor dengan melakukan korupsi dana sosialisasi Pilpres April 2019 lalu. Maka dengan tegas Ade Yasin menjelaskan, dengan pemberitaan tersebut dirinya menetahui tentang UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers, maka saya punya hak Jawab dan Klarifikasi, namun hal itu tidak dilakukan oleh media yang menyudutkan dirinya itu. Akhirnya Ade Yasin melakukan mekanisme prosedur yang ada dalam UU Pokok Pers tersebut, dengan melaporkan berita Fitan itu kepada Dewan Pers, sebab mereka terbukti tidak melakukan prosedur konfirmasi dan klarifikasi, serta dengan sumber berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Intinya dalam keputusan Dewan Pers, bahwa media tersebut harus melakukan  minta maaf di Media Massa sebanayk sepuluh (10) kali tersebitan, jelas Bupati Bogor tersebut.

Dalam acara tersebut, Ade Yasin terlihat sangat santai dan enjoy, hal itu terlihat dari sikapnya yang terbuka dengan berbaur berfoto Selfi dengan berbagai kalangan termasuk dengan komunitas wartawan itu sendiri. Bahkan beberapa lagu Bupati Bogor tersbut menyanyikan lagu Iwan Fals dengan merdu. Lagu Kemesraan ini.
Sementara itu, Ketua PWI Jawa Barat (Jabar), Hilman Hidayat, mengukuhkan 71 Anggota Muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor,Cibinong, Kamis (14/11/19). Pengukugan anggota PWI Kab Bogor tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bogor Ade Yasin, ketua DPRD kabupaten Bogor, Rudi Susmanto, Ketua PWI Jabar, H Hilman Hidayat, Sekum PWI Jabar, H Wawan Ruswana, Bidang Advokasi Yayan TS, Pimpinan Forkopimda Kabupaten Bogor, Ketua PWI Depok, Tardip P, Alfian Mujani, dan sejumlah tamu undangan lainnya.
Dari 71 anggota muda PWI Kabupaten Bogor, mereka lulus seleksi mengikuti Karya Latihan Wartawan (KLW) yang digelar 21 Agustus 2019.(dip/red)