Sumber Dana Dari APBD Tapi Tidak Ada Plang Papan Nama : Pembangunan SMA Negeri 2 Cibinong Kab Bogor dituding Proyek Siluman

 

Sumber Dana Dari APBD Tapi Tidak Ada Plang Papan Nama : Pembangunan SMA Negeri 2 Cibinong Kab Bogor dituding Proyek Siluman

Sumber Dana Dari APBD Tapi Tidak Ada Plang Papan Nama :  Pembangunan SMA Negeri 2 Cibinong Kab Bogor dituding Proyek Siluman

Cibinong, SI

Proyek pembangunan Fisik di SMAN  2 Cibinong  Kab Bogor  yaitu  Pembagunan  Pagar dan Pos  Gedung Satpam  pintu gerbang masuk sekolah tersebut di duga merupakan proyek titipan dari Kadis Pendidikan Kab Bogor.

Proyek tersebut diperkirakan dengan menelan  anggaran biaya  sekitar  ratusan juta rupiah . Masalahnya  kegiatan proyek tersebut tidak taranspara, karena tidak ada plang papan nama, alias proyek siluman, hal itu .menjadi bahan perbincangan warga masyarakat serta  wali murid   melihat proyek itu  ketika datang ke sekolah SMAN 2 Cibinong.

Sementara Investigasi mendatangi  ke, areal  sekolah SMAN 2 Cibinong tersebut, bertemu dengan bernama Teguh  Humas SMA 2. Cibinong, Senin 19 Juli 2021 lalu. Saat dikonfirmasi kenapa Plang Papan Nama proyek tidak ada ? Kata Teguh, bahwa ini merupakan   proyek swadaya masyarakat dan sama seperti proyek Musyola,   jadi tidak  ada Plang  papan nama,  ini bantuan warga sekitar juga ucpnya  berkilah.

Ditanyakan lagi, bahwa  sekolah ini  milik pemerintah, bila ada pembangunan maka  wajib di ketahui oleh dinas Pendidikan Kab Bogor. Ketika Humas tersebut terdesak, maka jawabnya, “kalau   terkait masalah itu maka tanyakan saja kepada kepala sekolah”, ucap teguh dengan wajah pucat.

Sementara saat  ditemui beberapa pekerja diloksi SMAN 2 Cibinong tersebut,   yang saat itu  sedang merobohkan pagar  tembok sekolahan,  Selasa 3 Agustus 2021 lalu, maka  salah seorang pekerja  yang mengaku berinisial  YR  mengatakan kami kerja sama pak Abeng, namun saat di tanyakan siapa pak Abeng, jawabnya, “Pak Abeng pemborongnya kami ini  bukan kerja dan di gaji kepala sekolah disini, ujar nya.

Selanjutnya ditanyakan terkait  mana papan nama proyek tersebut, “kami tidak tahu pak, tanyakan saja  nanti sama pak  Abeng ujar YR berkelit

Kepala Sekolah SMAN 2 Cibinong HJ.Elis Nurhayati M.Pd. di konfirmasi tidakk ada ditempat, serta kepala dinas  (kadis) pendidikan  kabupaten Bogor  Juanda juga dikonfirmasi  tidak ada di tempat dengan alasan klasik Covid 19. Maka salah seorang satpam mengatakan pak Kadis  belum datang. Ketika  Kabid Sarpras Rameni di hubungi lewt WA tidak menjawab dan menutup diri.

Sementara itu, Mukti Subaha  pemerhati bangunan pemerintah  kabupaten Bogor beberapa waktu lalu,  mengatakan  apapun bentuk pembangunan  di sekolahan pemerintah wajib di ketahui oleh  dinas pendidikan, terkait  anggarannya dari mana dan   sumber dananya dari mana, hal itu   wajib membuat Plang papan nama proyek di tempat  yang terbuka agar masyarakat tahu, jangan menjadi proyek siluman alias proyek gelap. Masalahnya apakah Kepsek SMAN 2 Cibinong tersebut tidak mengetahui ada proyek dilingkungannya? Atau pura-pura tidak tahu? Atau ada suatu yang dirahasiakan?

Menurut Mukti, dikawatirkan terkait proyek itu, jangan jangan ini sengaja tidak di buatkkan Plang papan nama  atau  di umpetin, agar  nanti ada alasan untuk   mengambil sumbangan dana pembangunan  dari orangg tua murid atau pihak ketiga.

Maka untuk tidak terjadi kesalahpahaman atau tidak  ada nanti unsur fitnah,sebaiknya pihak sekolah SMAN 2 Cibinong dan Kadis Pendidikan Kabupaten Bogor segera menjelaskan  hal itu terkait pembangunan Pos Satpam dan Pintu Gerbang Sekolah tersebut, yaitu  darimana sumber dananya. Ujar Mukti. (jel/dip/red0