Kinerja PenyidikKejari BogorDipertanyakan : Bagaimana Tindak Lanjut Kasus Pungli Ratusan Juta Pegawai PD PPJ Kota Bogor?

 

Kinerja PenyidikKejari BogorDipertanyakan : Bagaimana Tindak Lanjut Kasus Pungli Ratusan Juta Pegawai PD PPJ Kota Bogor?


Kinerja PenyidikKejari BogorDipertanyakan :
Bagaimana Tindak Lanjut Kasus Pungli Ratusan Juta Pegawai  PD PPJ Kota Bogor?
Bogor, SI
Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor melakukan penahanan  tersangka pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor pada  23/02/2018 lalu
Tersangka SS menjabat Kepala Unit Pasar Merdeka Kota Bogor sejak tahun 2013-2014, dan diduga melakukan kutipan pungutan liar (pungli) kepada kios-kios pedagang Pasar Merdeka Kota Bogor. “Ini merupakan upaya Kejari Kota Bogor memberantas pelaku-pelaku pungli di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan Pegawai BUMD,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Kota Bogor Widiyanto kepada wartawan beberapa waktu lalu. “Pada  tim penyidik Kejari Kota Bogor melakukan penahanan terhadap tersangka berinisial SS, yang merupakan pegawai BUMD PD PPJ Kota Bogor.”, ujarnya. “SS sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 19 Februari 201 lalu8, tersangka SS melakukan pungutan liar (pungli) dengan modus operandi melakukan kutipan kepada kios dan lapak baik los maupun non los pedagang di Pasar Merdeka Kota Bogor. Kutipan yang dilakukan sebesar Rp 700.000, dimana seharusnya sesuai aturan dan ketentuannya hanya Rp 200.000, dengan jumlah ratusan kios,” ujar Widi.
Lanjut Widi menuturkan, “SS adalah pelaku utama dalam kasus ini, tim penyidik Kejari terus mendalami kasus ini, pendalaman kasus baik ke atas dan ke bawah serta rekan sejawat dari tersangka SS.”
Widi menambahkan, “dari hasil penyidikan ini tim penyidik mensinyalir adanya aliran-aliran dana dari orang-orang suruhan, dengan dugaan jumlah dana mencapai ratusan juta rupiah. Ini akan terus kita dalami, tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain,” pungkasnya.
Publik menghargai kinerja daripada penyidik Kejari Bogor, namun publik juga mempertanyakan tindak lanjut kasus pungli tersebut, “sudah sejauh mana tindak lanjut penanganan kasus tersebut? Apakah sudah di sidang di PN Tipikor Bandung? Mhn penjelaskan dari jaksa penyidik” ujar sejumlah LSM Bogor.
Kalau memang kasus tersebut sudah divonis oleh PN Tipikor Bandung para pelakunya, tentu, pasti ada pemberitaannya, atau amar putusannya dari PN Tipikor Bandung sudah turun. Untuk itu dimohon agar pihak Kejari Bogor ada sikap taransparansi terkait menangani masalah korupsi, ujar beberapa wartawan. (wan/dip