Bupati Segera Mencopot Bimantoro dari Jabatannya : Kadis PUPR Kab Bogor Menolak di Konfirmasi Terkait Pekerjaan Proyek Ratusan Miliar Yang Bermasalah

 

Bupati Segera Mencopot Bimantoro dari Jabatannya : Kadis PUPR Kab Bogor Menolak di Konfirmasi Terkait Pekerjaan Proyek Ratusan Miliar Yang Bermasalah

Bupati Segera Mencopot Bimantoro dari Jabatannya : Kadis PUPR Kab Bogor Menolak di Konfirmasi Terkait Pekerjaan  Proyek Ratusan Miliar Yang  Bermasalah

Cibinong, SI

Proyek APBD Kab Bogor Tahun 2021 dengan  nilai Ratusan miliar rupiah terlihat dilapangan amburadul, hal itu karena tidak adanya pengawasan baik itu dari pihak Konsultan pengawas  maupun dari pihak pejabat pembuat komitmen (PPK) Dinas PUPR Kab, serta Kadis PUPR Kab Bogor tidak peduli.

Terlihat Pengawasan dari Dinas PUPR Kabupaten Bogor  sangat   lemah serta  tidak adanya tanggung jawab terkait proyek yang sedang di kerjakan oleh kontraktor selaku  pengusaha pihak ketiga yang sangat kemaruk mencari keuntungan semata tampa menaati aturan sesuai dengan Speeck dalam RAB, ucap sebagaaian lainnya  kontraktor Bogor.

Sementara itu menurut LSM Anti Korupsi Garda P3R mengatakan, kenapa terjadi pihak kontraktor mengerjakan proyek ratusan miliaran itu dikerjakan asal jadi alias semaunya, tampa memperhatikan speek dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), hal itu diduga karena adanya praktek pungli dengan system Ijon, alias pihak kontraktor sudah membayar terlebih dahulu fee sebagai uang muka  kepada pejabat sebelum dilaksanakan terder lelang, sehingga pejabat tersebut menjadi tutup mata saat pelaksanaan pekerjaan dilapangan, akhirnya kontraktor mencuri material dengan seenaknya, seperti ukuran besi proyek dan kwalitas semen adukan cor jadi dikurangi tampa adanya pengawasan alias dibiarkan begitu saja.

Lanjut LSM Garda P3R tersebut, contohmya .salah satu proyek ratusan miliaran JLl  Sentul kandang Roda yang tembus menuju Jl Tol Jagorawi, kwalitas pekerjaan proyek diragukan, karena tidak adanya pengawasan saat proyek tersebut dikerjakan, ujar NotoYudo

 “Saya sudah tiga Minggu memantau pekerjaan proyek  yang di kerjakan tiga perusahaan yang nilai anggarannya. puluhan miliar rupiah  yaitu ada yang sebesar Rp..30 M, juga Rp.84 M.  dan Rp.94m. Jadi total proyek tersebut kurangg lbih Rp.200 Miliar  Sumber anggaran APBD Kabupaten Bogor, dimana pelaksanan proyek tersebut masih satu grup, namun beda-beda nama perusahaan PTnya, tapi masih satu komando” ujarnya.

Menurut Noto, bahwa proyek tersebut berasal dari hasil pajak Rakyat, sebab kami menerima beberapa surat dari warga  Bogor  yaitu  tentang kejanggalan  pembangunan  proyek jalan Pakan Sari Sentul Kandang Roda Cibinong. Oleh sebab itu kami turun langsung ke lokasi memantau  pekerjaan yang terkesan dikerjakan semaunya, Karen pengawan tidak berfungi.

Terkait temuan LSM Anti Korupsi Garda P3R tersebut mengatakan, karena pekerjaan proyek tersebut masih berjalan, kami cukup memantausaja  dulu, belum memberikan solusi, kami sudah 3 minggu terus memantau pelaksanaan prooyek tersebut.

Justru kami sangat heran, yaitu mengapa pihak Dinas PUPR Kab Bogor tidak ada yang bertanggungjawab untuk menjelaskan terkait pelaksanaan proyek itu, karena Kadis PUPR Kab Bogor Bimantoro selalu menghindar  ketika dikonfrimasi dikantornya, alasannya kata pihak Sekuriti bapak sedang kelar, juga dikonfrimasi lewat pertelepon juga tidak menjawab. Maksud dan tujuan kita, agar pihak Pengawas dari Dinas PUPR Kab Bogor dapat meningkatkan pengawasan dilapangan, justru jangan ituk KKN, sebab nanti kwalitas  proyek tersebut akan cepat rusak, sebab kalau sama-sama sudah ikut KKN, yaitu pihak pengusaha, pejabat dinas PUPR dan juga pihak penegak hukum, yang juga doyan kebagian proyek APBD, maka rusaklah pengelolaan Pemerintah Daerah kab Bogor ini ujaranya.

Untuk itu agar Bupati Bogor Ade Yasin kami harapkan segera menijau ulang prosisi daripada Kadis PUPR Kab Bogor Bimantoro, alias segera mengganti Bimantoro, karena tidak paham atau pura-pura tidak pahan terkait dengan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) selaku Kadis PUPR Kab Bogor. Sebab nanti yang mempertangungjawabkan uang rakyat tersebut adalah Ade Yasin selaku Bupati Bogor yang langsung dipilih rakyat bukan Bimantor..(jel/dip/red)