Menilik Makna Filosofi Pembangunan Tugu Selamat Datang Kota Depok

 

Menilik Makna Filosofi Pembangunan Tugu Selamat Datang Kota Depok

 Menilik Makna Filosofi Pembangunan Tugu Selamat Datang Kota Depok

Depok, SI

Tugu Selamat Datang Kota Depok sedang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Kelurahan Pondok Cina (Pocin), Kecamatan Beji. Dalam pembangunan tugu, terdapat beberapa bentuk seperti gigi balang, kujang, logo Depok Friendly City dan logo Kota Depok yang memiliki makna filosofis tersendiri.

“Bentuk bangunan utama adalah adanya tiga gigi balang yang merefleksikan suatu keberlangsungan yang berkesinambungan,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok Dadan Rustandi, Senin (13/11/23).

Kemudian, juga merupakan falsafah dalam kehidupan masyarakat Betawi di Kota Depok yang maknanya adalah hidup harus selalu jujur, rajin, ulet dan sabar. Dilengkapi dengan unsur emas sebagai simbol kesuksesan dan prestasi Kota Depok.

“Terdapat juga bentuk bilah kujang, yang merupakan salah satu senjata tradisional asal Jawa Barat. Merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan, juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran,” jelasnya.

Dadan melanjutkan, terdapat logo Depok Friendly City. Logo tersebut divisualisasikan dari tiga konsep yang disajikan sebagai brand building development dari Kota Depok, yaitu bersahabat, berbagi dan berkolaborasi.

“Kemudian ada logo Kota Depok. Berbentuk perisai bersisi lima dengan warna dasar biru yang di dalamnya terdapat gambar, warna dan bentuk serta di bagian atas terdapat tulisan ‘KOTA DEPOK’ dan di bagian bawah terdapat tulisan “PARICARA DHARMA” dengan warna putih,” jelasnya.

“Tugu batas Margonda ini dibuat dalam rangka penataan wilayah Pemkot Depok terkait dengan batas-batas wilayah," ujarnya.

"Alasan penempatan tugu batas Margonda di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji ini berdasarkan pertimbangan bahwa penempatan tersebut merupakan pintu gerbang masuk menuju Kota Depok,” paparnya.

"Latar belakang filosofis yang ingin dicapai dari tugu ini adalah mengambil ciri khas budaya setempat serta visi dan misi dari Kota Depok,” tutupnya.{adv/dip}