Untuk Membangun Adat dan Budaya : Walikota Bogor Menyambut Baik Pengurus Pemuda Batak Bersatu Kota Bogor

 

Untuk Membangun Adat dan Budaya : Walikota Bogor Menyambut Baik Pengurus Pemuda Batak Bersatu Kota Bogor


Untuk Membangun Adat dan Budaya :
Walikota Bogor Menyambut Baik Pengurus Pemuda Batak Bersatu Kota Bogor
Bogor, SI
Walikota Bogor Bima Aria Sugiarto, menyambut baik terbentuknya organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kota Bogor. Ormas PBB tersebut dipimpin oleh John Piter Simajuntak, yang juga berprofesi sebagai pengacara tersebut.
Dalam menyambut PBB Kota Bogor tersebut, Walikota Bogor memberikan arahan terkait terbentuknya Ormas PBB tersebut di Kota Bogor .”PBB ini sangat bagus, sebab warga Kota Bogor ini banyak Suku Bataknya, tapi sudah lahir dan besar  di Kota Bogor, jadi anak-naka kita tersebut sudah banyak yang tidak mengerti adat dan budanya sukunya sendiri. Maka kita sebagai orangtua, marilah kita membimbing genari-generasi muda agar menincintai budayanya sendiri. Karena budaya itu adalah merupakan bentuk dari kepribadian bangsanya sendiri” ucap Bima
Lanjut Bima, dimana Organisasi yang terbentuk mengatasnamakan Suku, sebaiknya arahnya harus jelas, kalau mau mengembangka Budaya melalui Organisasi tersebut hal itu sangat bagus. Namun jangan salah arah. Hal itu seperti yang sudah banyak kita lihat sendiri, dimana Organisasi-organisasi menjadi mengarah kepada politik praktis, yakni adanya aksi dukung mendukung, hal itu tidak bagus, imbuhnya.





Oleh sebab itu, saya mengharapkan agar  Organisasi Pemuda Batak Bersatu  (PBB) tetaplah pada  pendiriannya, sesuai dengan AD/ART, jangan dicampur aduk kepolitik  praktis ujar Wali kota Bogor, tokoh pemuda pluralism tersebut
Sementara itu, Ketua PBB Kota Bogor John Piter simanjuntak, SH, MH, setelah usai bertemu dengan Walikota Bogor mengatakan, bahwa  terkait  dengan PBB, hal itu merupakan  panggilan hati saya, sebab  selama ini banyak di datangi dan di telepon orang  orang yang mengaku Orang Batak dan menanyakan tentang silsilah Batak itu sendiri, jadi terkait dengan Adat dan  Budaya Batak itu sendiri.
Menurut Piter, bahwa  data sementara terkait dengan Orang Batak di Kota Bogor  jumlah nya sudah puluhan ribu warga kota Bogor, dimana   yang suku Batak sudah terjadi perkawinan  campuran (assililasi), yakni antara Suku Sunda dan Suku Batak, yakni sejak  tahun lima puluhan yang silam.makanya sudah beranak cucu hingga sekarang ujar praktisi hukum tersebut.
Lanjutnya, dibentuknya ke pengurusan Pemuda Batak Bersatu  (PBB) di kota Bogor tujuannya adalah  untuk mempertemukan sesama suku Batak  yang selama ini tidak saling mengenal satu sama lainnya,  jadi saya yakin dengan adanya perkumpulan organisasi Pemuda Batak Bersatu  sesama orang Batak di Bogor akan saling mengenal dan akan bersilaturahm ujar Jon Piter.
Sementara itu pula tokoh pemuda lainnya dari PBB, Haji.Zulfikar Hutagalung, yang merupakan  ketua perkumpulan warga Sibolga, yang berdomisili   di Parung  Kab Bogoor mengatakan, bahwa  terbentuknya PBB ini sangat bagus dan saya sangat mendukung dan ini sudah lama di tunggu  kehadiran organisasi  PBB ini,  apa lagi kita ini suku Batak, ada Batak Toba,Karo .Pakpak, Mandailingdan Simalungun. Dimana  semua  Orang Batak  ini yang selama ini tidak saling kenal jadi dengan ada nya organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) saya yakin kita akan saling mengenal  satu sama lain agar terjalin hubungan silaturohim dan saling harga menghargai, hormat menghormati, apa lagi kita ini orang Batak yang menjunjung tinggi Adat dan budaya yang sangat kental, dengan adanya Dalihan Natolu (Tiga Tungku). Untuk itu  marilah kita membangkitkan adat dan budaya itu ke anak anak cucu kita , dengan maksud dan tujuan agar budaya dan adat Batak tidak musnah ujar Haji Zulfikar Hutagalung.
Demikian pula Valentin Sitompul  penasehat paguyupan  Mualaf  kabupaten Bogor  mengatakan, terkait PBB tersebut, hal itu  sudah lama mau dibentuk tapi sekarang sudah terbentuk kami mengucapkan terimakasih kepada Walikota Bogor  Bima Aria yang menyambut  baik hadirnya organisasi Pemuda Batak Bersatu .(PBB).
Menurut Valentino, di kota Bogor  saya juga mewakili teman teman dari paguyupan mualaf Bogor mengucapkan  terimakasih kepada Pak Jon Piter Simanjuntak yang sudah siap untuk jadi ketua Pemuda Batak Bersatu .PBB  kota Bogor, ucapnya
Hal yang sama,  Iwan Sinaga penasehat pemuda pemudi batu tulis di kediamannya mengatakan  itu hal yang sangat kami rindukan karna kami kurang mengerti adat dan budaya Batak maklum kami besar  dan lahir di Bogor, ujarnya.(jel,dip/red)