Dengan Investor Rp 300 Miliar : Pemkot Bogor Segera Merealisasikan Halal Stasion Food Smart

 

Dengan Investor Rp 300 Miliar : Pemkot Bogor Segera Merealisasikan Halal Stasion Food Smart

Dengan Investor Rp 300 Miliar : Pemkot Bogor  Segera  Merealisasikan   Halal Stasion Food Smart

Bogor, SI

Pemkot Bogor terus matangkan gagasan Halal Stasion Food Smart yang bekerjasama dengan IPB Universitas. Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor sebagai leading sector dalam mewujudkannya.

"Program ini akan dilaksanakan tahun depan yakni 2023 dan IPB akan mencarikan investor yang nilainya tak tanggung tanggung besarnya yakni 300 miliar," kata Kepala DKPP Anas S Rasmana, beberapa waktu lalu dikantronya.

Lanjut Anas, bahwa Program tersebut  untuk mengamankan semua produk makanan dan olahan harus melalui uji lab lewat laboratorium lengkap untuk semua produk makanan bersumber dari hewani, seperti ikan maupun dari pangan lainnya.

Menurut Anas, bahwa  maksudnya semua makananan sebelum dipasarkan harus melalui uji lab, sehingga semua produk makanan diKota Bogo  benar benar halal dan terbebas dari bermacam penyakit seperti rabies maupun penyakit berbahaya lainnya.

"Lab ini akan melayani secara regional dan semua produk makanan dan perikanan maupun produk pangan lain akan melalui uji lab, sekaligus uji mutu," tegas Anas.

Program ini jelas Anas, telah memasuki tahapan pematangan, karena MoU antara IPB dan Pemkot Bogor telah di tanda tangani. "Untuk bahan baku, berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Sukabumi dan Cianjur serta daerah lainnya dan bisa diperiksa disini" ungkap Anas.

Karena Laboratorium itu nanti akan melayani secara ragional. Diharapakan akan ada sodetan dengan Bocimi untuk memudahkan transportasi.

"Nanti akan ada rest area di Bocimi dan program tersebut telah ada master plan. Kini tinggal DED (Detail Engineering Design) dan FS (Feasibility Study) dari ahlinya," ujar Anas. (dip/red)