Pekan Koperasi Kota Depok Tahun 2023 : Bukti Eksistensi Pergerakan Ekonomi Masyarakat

 

Pekan Koperasi Kota Depok Tahun 2023 : Bukti Eksistensi Pergerakan Ekonomi Masyarakat

 Pekan Koperasi Kota Depok Tahun 2023 : Bukti Eksistensi Pergerakan Ekonomi Masyarakat

Depok, SI

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dede Hidayat menyebut, Pekan Koperasi Kota Depok Tahun 2023 merupakan bukti eksistensi pergerakan ekonomi masyarakat Kota Depok.

Koperasi adalah lembaga yang memiliki landasan persatuan dan kebersamaan dalam kegiatan ekonomi.

"Kami ingin menunjukkan eksistensi koperasi kepada masyarakat. Khususnya yang ada di wilayah barat ini. Bahwa, koperasi mampu menopang perekonomian masyarakat dengan program dan inovasinya," ujarnya, dalam kegiatan Pekan Koperasi Kota Depok 2023 dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-76 tingkat Kota Depok, di Pasar Rakyat Jabar, Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Rabu (19/07/23) lalu.

Dikatakannya, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada koperasi. Baik yang sudah eksis maupun koperasi yang tidak aktif.

"Koperasi sehat tentunya menjadi target kami. Dengan melakukan pembinaan serta pelatihan dari DKUM, kami yakin dapat terus merangkul anggota koperasi sebagai mitra," ucapnya.

Saat ini, kata Dede, dari 400 koperasi yang tercatat di Kota Depok, ada 176 koperasi yang aktif dan sehat. Sisanya, masih terus dilakukan pembinaan secara berkala.

"Biasanya yang tidak sehat terkendala pada administrasi, minimnya keaktifan anggota, masalah keuangan dan lain sebagainya," tuturnya.

"Karena itu, melalui Pekan Koperasi ini kami mengadakan lomba maupun penilaian agar setiap koperasi mampu menunjukan eksistensinya. Sehingga diharapkan koperasi lainnya terpacu untuk membenahi manajemen agar peran koperasi berjalan sebagaimana mestinya," terangnya.

Untuk diketahui, Pekan Koperasi Kota Depok Tahun 2023 diselenggarakan selama tiga hari yaitu 19-21 Juli 2023 di Pasar Rakyat Jabar Sawangan Baru.

Adapun rangkaian kegiatan meliputi santunan yatim piatu, donor darah, jalan santai, senam kreasi. Kemudian, pameran produk UMKM, pameran produk koperasi, talk show bursa modal, pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan halal, doorprize, hiburan dan lain-lain. (dip/adv)